MOU Jurnal!

LOGO JURNAL TM semangat pagi!, yap, tepat pada 24 Maret 2016 dan berlokasi di Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) kampus UNISSULA, akhirnya telah terjadi nota kesepahaman antara Pengelola Jurnal Ilmiah ‘The Messenger’ (ILKOM USM) dengan Pengelola Jurnal Komunikasi ‘Makna’ (FIKOM).

yes, kegiatan itu memang tercatat sebagai memorandum of understanding pertama kami dengan jurnal lain, tetapi dalam waktu dekat kami berencana untuk membangun perjanjian relasi lagi dengan pihak pengelola jurnal kampus lain. hal ini merupakan bagian dari salah satu aksi nyata kami didalam mempersiapkan dan menata diri (manajemen jurnal), untuk menjadikan The Messenger nantinya menjadi jurnal nasional komunikasi terakreditasi. apakah ini terlihat mudah? tentu tidak, perlu kerja keras, kami menyadari dan akan melakukan hal tersebut.

sementara itu, selain bekerjasama dengan pengelola jurnal lain, kami juga menata proses manajemen jurnalnya, seperti merubah alur atau mekanisme pengiriman artikel dari authors, yakni bila dahulu semua pengiriman artikelnya terpusat ke alamat redaktur/editor, tetapi untuk saat ini tidak seperti itu, karena proses semuanya tersistem, maksudnya para author tinggal bikin sendiri akun dan mensubmit artikel-artikelnya di sistem jurnal yang kami pakai yakni ojs (open journal systems), sembari menunggu informasi apakah artikelnya nanti layak terpublish atau tidak di jurnal. untuk alamat jurnal kami di ojs ada di http://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger. lalu, untuk artikel-artikel yang ada di jurnal The Messenger sendiri, didaftarkan di lembaga pengindex.

disamping itu, kami juga merampingkan dan mengefektifkan struktur pengelolaan jurnal, dengan belajar dari struktur jurnal-jurnal lain (baik itu dari jurnal nasional maupun internasional), yang mana fokus kami pada tiga hal, yaitu editor in chief, editor, dan reviewers artikel (untuk bidang media, integrated marketing communication, serta kajian budaya). khusus untuk reviewers, kami saat ini telah memiliki lima reviewer dari Progdi ILKOM USM, lalu satu reviewer dari kampus lain (FIKOM UNISSULA) untuk konteks artikel bidang media, dan pula reviewer-reviewer dari kampus lain yang harapannya nanti akan terus bertambah, seiring dengan rencana perjanjian mou selanjutnya.

Foto MOU dengan Jurnal Makna (1)Foto MOU dengan Jurnal Makna (2)

2 thoughts on “MOU Jurnal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *