Publikasi Buku ‘Solusi Support Group’

COVER SOLUSI SUPPORT GROUPsemangat pagi!, Alhamdulillah, yes, karya perdana saya dalam konteks buku akhirnya jadi juga, yang mana buku ini bertema mengenai kekerasan berbasis jender dan saya beri judul ‘Solusi Support Group.’ buku ini sendiri merupakan hasil pengembangan data dari penelitian yang pernah Penulis lakukan. buku tersebut secara akademis bisa dijadikan fungsi sebagai buku referensi untuk kajian komunikasi jender dan psikologi komunikasi, sehingga bagi Anda yang saat ini sedang ataupun nanti akan mengkaji dua hal di atas, bisa menjadikan buku itu sebagai salah satu tambahan buku bacaan 🙂 . meanwhile, buku ini rencananya akan diperkenalkan secara resmi pada 18 Agustus 2015, berbarengan dengan acara perayaan ulang tahun ke-16 LSM LRC-KJHAM.

yap, buku ini secara garis besar menyajikan kisah nyata perjalanan hidup beberapa korban kekerasan berbasis jender (KdRT dan Pelecehan Seksual), dimulai dari kasus kekerasan yang pernah dialaminya, lalu berjuang mencari keadilan atas kekerasan tersebut, disertai dengan adanya dinamika persoalan dan hambatan yang dialami mereka selama mencari keadilan tersebut, yang mana akhirnya bisa bertemu dan berinteraksi kasus dengan LRC-KJHAM, serta memutuskan untuk bergabung ke kelompok terapis Support Group Sekartaji. buku itu mendeskripsikan pula bagaimana perjuangan korban untuk ‘bangkit’ dan akhirnya menjadi individu-individu yang survive, bahkan ada dari mereka yang menjadi petugas shelter (rumah aman sementara buat korban), ada pula yang menjadi Pendamping Kesehatan Reproduksi dan Kekerasan Seksual terhadap Perempuan (Kespro) di daerah Kec. Banyumanik, Semarang pada 2013-2015, fulltimer di Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Kecamatan, hingga ada juga yang menjadi Paralegal (pihak yang melakukan pendampingan sampai di pengadilan ke korban yang baru mengalami kekerasan, tanpa harus berasal dari jurusan hukum).

sementara itu, buku ini secara sosial bisa bermanfaat pula bagi pihak-pihak yang mengalami dan menangani permasalahan jender, untuk dijadikan buku referensi dan motivasi bagi mereka, bahwa ada korban yang telah terbukti mampu menjadi survivor. selain itu, buku ini juga bisa mengedukasi masyarakat untuk dapat berempati ke korban, agar masalah jender ini tidak hanya dirasakan oleh korban saja, melainkan menjadi permasalahan bersama yang harus dicarikan solusinya, apalagi berdasarkan hasil Laporan LRC-KJHAM terkait Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Jateng selama tahun 2014, menunjukkan bahwa Kota Semarang menduduki ‘peringkat pertama’ dengan telah terjadi 155 kasus, disusul Kabupaten Semarang dengan 13 kasus. hal ini dapat diartikan kalau kekerasan jender ada di sekitar kita. bilamana ada di lingkungan kita yang mengalami kekerasan, maka kita bisa segera melaporkan ke pihak-pihak yang terkait, karena kalau bukan kita yang menolong, siapa lagi?

lalu, bagi teman-teman yang berminat mendapatkan buku ‘Solusi Support Group,’ silahkan bisa mengirimkan e-mail pemesanan dengan format:

Nama [spasi] Alamat [spasi] Jumlah eksemplar,

ke alamat e-mail: youleewa2n@gmail.com atau ke nomor handphone 081-326-236-186. untuk harganya Rp27.500,00 (belum termasuk ongkos kirim). setelah mengirim e-mail/sms, teman-teman akan mendapat e-mail/sms balasan berisi jumlah yang harus ditransfer, nomor rekening tujuan dan info lainnya tentang buku tersebut. setelah melakukan transfer, harap bisa dikirim bukti pembayaran dan buku akan segera dikirimkan.

Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *