tujuh

tujuh (Cempaka, Edisi 06, XXVI (2-8 Mei 2015))Alhamdulillah, untuk yang ketujuh kalinya, artikel saya termuat lagi di media cetak, yang mana untuk konteks kali ini ada di Tabloid Cempaka (Bagian Konsultasi USM, hal. 9, Edisi 06, XXVI, 2-8 Mei 2015). Lalu, untuk untaian kata berjudul ‘Coba Joomla!’ ini, isinya diawali dengan tiga macam cara secara garis besar di dalam membangun suatu website, yakni cara pertama, manual atau lebih dikenal dengan koding secara manual. Kedua, melalui cara instan/praktis, dengan menggunakan CMS (Content Management System) gratis yang telah jadi (salah satu contohnya: Joomla!).

Selanjutnya, cara ketiga, yaitu dengan menggabungkan antara cara pertama dengan cara kedua. Untuk bagian berikutnya dari artikel tersebut, berisi tentang informasi bagi Pemula/siapapun yang ingin mempelajari website, bisa dengan mencoba cara kedua, dan salah satu aplikasi CMS yang bisa dipakai yakni Joomla!, karena diunduh dengan gratis dan bisa membangun website-nya secara cepat dan relatif mudah.

Sementara itu, saya sepakat dengan tulisannya Adi Baskoro di dalam bukunya, yang berpendapat kalau siapapun bisa mempelajari Joomla!/website. Hal ini berarti bisa saya artikan bahwa saya, Anda atau pihak-pihak yang memiliki passion dalam konteks pemrograman web, berhak untuk mempelajari hal tersebut, so, semangat belajar web!, yes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *