this is us!

Komukino 2014Terdapat empat macam profil lulusan dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi USM, diantaranya:

1. Bekerja di Media Massa

yes, profil pertama lulusan berupa bekerja di media massa, seperti menjadi Reporter, Cameraman, Editor dan lain-lain. Untuk menjadi lulusan seperti itu, ada beberapa kajian yang harus dipelajari oleh mahasiswa yakni komunikasi antar pribadi, komunikasi massa, jurnalistik, fotografi, retorika, teknik penulisan, etika profesi, bahasa, komputer, sosiologi komunikasi dan komunikasi budaya. Kajian-kajian tersebut perlu dipelajari, sebab untuk bekerja di media massa, lulusan komunikasi harus memiliki kemampuan seperti mencari, menulis dan memproduksi karya jurnalistik: lay out, editing audio visual, fotografi, dan videografi; menguasai konsep dan teori komunikasi massa; menguasai etika profesi komunikasi; serta memiliki kemampuan public speaking dan Bahasa Inggris yang baik.

2. Bekerja di Industri Kreatif

Untuk profil kedua dari lulusan komunikasi yakni bekerja di industri kreatif, contohnya: Designer Graphic, Film Maker, Advertiser dan lain sebagainya. Agar bisa menjadi lulusan yang berkarya di industri kreatif, maka selama studi terdapat beberapa kajian yang harus dipelajari terlebih dahulu, antara lain: komunikasi organisasi, komunikasi massa, penyiaran, periklanan, fotografi, videografi, desain komunikasi visual, retorika, penulisan, etika profesi, komputer, bahasa, bisnis, psikologi komunikasi, hukum komunikasi, politik, sosiologi komunikasi dan komunikasi budaya. Sementara itu, mengapa kajian-kajian tersebut perlu dipelajari?, sebab pihak-pihak yang berkecimpung dalam industri kreatif, harus mampu merancang konsep karya non jurnalistik, memproduksi karya kreatif, menguasai konsep dan teori komunikasi massa, menguasai etika profesi komunikasi, mempunyai kemampuan dalam public speaking dan Bahasa Inggris yang baik.

3. Komunikasi Strategis

Selanjutnya, profil ketiga lulusan Prodi Ilmu Komunikasi USM yaitu bekerja dalam konteks komunikasi strategis, misalnya: Event Organizer, Perencana Media (Media Planner), Konsultan Public Relations dan Pemasaran. Untuk dapat bekerja dalam bidang tersebut, Anda selama kuliah harus belajar hal-hal berikut, seperti: komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, periklanan, kehumasan, retorika, penulisan, teori komunikasi objektif dan interpretif, etika profesi, komputer, manajemen, bisnis, psikologi komunikasi, hukum komunikasi, politik, sosiologi komunikasi dan komunikasi budaya. Kenapa kajian-kajian di atas perlu dipelajari?, karena bila ingin berkarya di bidang komunikasi strategis, dituntut untuk mampu merancang konsep dan program komunikasi strategis dalam bidang pemasaran dan PR, menguasai etika profesi, menguasai konsep dan teori komunikasi massa, serta memiliki pula kemampuan public speaking dan Bahasa Inggris yang baik.

4. Analis Ilmu Komunikasi

the last, profil lulusan keempat adalah Analis Ilmu Komunikasi, seperti seorang Peneliti dan Dosen (bila melanjutkan studi S2). Lalu, bila ingin menjadi Analis, kita harus belajar tentang: komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, jurnalistik, penyiaran, periklanan, kehumasan, teknik penulisan, teori komunikasi objektif dan interpretif, etika profesi, metodologi, komputer, manajemen, bisnis, psikologi komunikasi, hukum komunikasi, politik, sosiologi komunikasi dan komunikasi budaya. Sementara itu, kompetensi yang harus dimiliki Analis itu yakni: mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian secara sistematis berdasarkan metodologi penelitian; memahami konsep dan teori komunikasi, menguasai etika profesi; memiliki psikologis yang baik, daya pikir kritis dan sistematis; memiliki kemampuan public speaking dan Bahasa Inggris yang baik; serta juga memiliki pemahaman IPTekS yang baik berdasarkan kearifan lokal dalam masyarakat.

Intinya, semua mahasiswa akan mempelajari kajian-kajian di atas yang mana termuat dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, lalu nantinya mahasiswa memilih profil-profil lulusan tersebut, yap, this is us!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *