belajar web (2)

belajar web, yes, dan salah satu wadah yang tepat bagi yang berminat mempelajari hal ini, terutama bagi pemula seperti saya 🙂 , yakni ITC (Information & Technology Community) Universitas Semarang. untuk semester gasal ini, berdasarkan catatan penulis, ITC telah mengadakan empat kali pertemuan di kelas. pertemuan pertama ketika diadakan open recruitment disertai dengan pembagian kelas bagi yang berhasrat (((hasrat))) di pemrograman web (tiap senin) serta di multimedia (tiap selasa/kamis).

lalu, ketika mengikuti pertemuan kedua (6 oktober), saya dan teman-teman mahasiswa diajarkan mengenai cara mengaplikasikan salah satu file aplikasi web server (xampp) dan membuat website dengan menggunakan wordpress.

selanjutnya, pada pertemuan ketiga (13 oktober), mulai dikenalkan dengan HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa untuk membuat tampilan suatu situs. ada hal-hal menarik yang saya dapatkan dari HTML ini, yakni mengenai tata bahasa (syntax) dan logic, dimana dua hal tersebut saling melengkapi. singkat kata, untuk bentuk tampilan web yang diajarkan pada pertemuan waktu itu berupa:

tampilan web untuk view page source/HTML dari tampilan website di atas, yaitu:

bahasa di html (1)dari view page source di atas, ada hal menarik lainnya yang saya peroleh, yakni bahwa ada makna dibalik pemilihan warna dalam background tampilan web, contohnya maksud pemilihan warna kuning, supaya lebih menarik pengunjung. bila dikonversi dalam konteks komunikasi, maka pemilihan dan makna dari warna tersebut termasuk bentuk dari komunikasi non verbal. sementara itu, untuk pertemuan keempat (20 oktober), kami masih diajarkan mengenai HTML tetapi dengan konteks kasus yang lain. untuk mengkaitkan HTML ini dengan php dan database-nya, direncanakan akan dibahas pada pertemuan mendatang. bagi yang berminat, so let’s join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *